Jumat, 25 Maret 2011

Tetap Bugar di Segala Usia

Tubuh bugar bukan hadiah undian. Kebugaran harus dilatih agar dapat menikmati usia matang dengan bahagia. Usia 20 tahunan adalah usia ideal untuk memulai hidup sehat dan bugar.

Sayangnya, karena metabolisme tubuh sedang dalam masa puncak, orang sering abai. Dan ketika usia memasuki kepala tiga, pada saat itu waktu dan konsentrasi tercurah untuk karier dan keluarga. Muncul lagi alasan untuk tidak menjaga kebugaran tubuh. Baru ketika meniup lilin ke-40, metabolisme tubuh yang lebih lambat dan kondisi tubuh yang mulai tidak fit, orang sadar bahwa tubuh perlu dirawat dengan benar.

Olahraga menjadi aktivitas baru yang ternyata menyenangkan. Sayangnya kadang-kadang kondisi tubuh tidak sejalan dengan niat baik itu. Selesai berolahraga tubuh rasanya lemas, napas pun ngos-ngosan, bukannya bugar tubuh malah menagih waktu istirahat lebih lama. Jangan-jangan konsumsi makanannya keliru.

Kerri-Ann, pakar diet, mengatakan bahwa makanan dikonsumsi mempunyai manfaat ekstra selain mengisi simpanan energi dan cairan yang hilang selama berolahraga. Beberapa jenis makanan juga bisa membantu mendongkrak tenaga, menambah daya tahan, dan memulihkan diri dengan baik. Diantaranya apel, susu rendah lemak, yogurt, dan madu.

Apel sumber antioksidan yang disebut quercetin yang meningkatkan ketersediaan oksigen di dalam paru-paru. Bila dikonsumsi dalam bentuk suplemen, quercetin membantu orang untuk bersepeda lebih lama. Susu mengandung karbohidrat dan protein, untuk mengembalikan energi yang terkuras. Yogurt dapat menjadi pilihan mereka yang tidak suka susu karena bakteri hidup yang ada dalam yogurt meningkatkan bakteri baik di dalam pencernaan. Pilihan asupan sehat lainnya adalah madu yang kaya fruktosa, glukosa, antioksidan, dan vitamin.

Untuk menjaga stamina dari jam ke jam, diperlukan energi ekstra. Segenggam kecil kacang-kacangan rebus (ingat, bukan yang digoreng) sangat baik untuk dikonsumsi tiap jam untuk menjaga stamina. Ketika keringat bercucuran saat berolahraga, pastikan tubuh mendapat pengganti segera. Teguk air putih untuk menjaga tubuh dari dehidrasi yang membuat lemas.

Meski energi terkuras, sebaiknya menahan diri untuk 'balas dendam' menghabiskan sepiring nasi padang. Dianjurkan untuk makan siang dengan roti gandum, sayuran, dan jus. Lidah tidak terbiasa? Sesekali boleh kok memberi hadiah untuk disiplin dan hidup sehat itu dengan es krim ukuran kecil.

0 komentar:

Posting Komentar