Senin, 07 Maret 2011

Bila Bayi Menangis di Pesawat

Bepergian dengan pesawat bersama bayi atau batita dapat menjadi saat yang mencemaskan dan tidak mudah bagi orangtua. Jadi sebaiknya Anda istirahat cukup dan sangat siap sebelum melakukan perjalanan.

Bayi sebetulnya merasa bahwa penerbangan menenangkan dan dapat mengejutkan Anda dengan tidur terus selama perjalanan. Disusui, ASI atau formula, pada saat lepas landas dan mendarat dapat membantu bayi terhindar dari telinga berdenging karena tindakan mengisap dan menelan mengurangi tekanan yang ada pada telinga pada saat itu. Minum dengan sedotan dari minuman kotak juga dapat memberikan efek yang sama pada batita.

Setelah terbang, berjalan mondar-mandir di lorong dengan si kecil yang gelisah mungkin lebih tidak mengganggu dibandingkan jika si kecil menangis berjam-jam. Melihat keluar jendela juga dapat mengalihkan perhatian dan menenangkannya. Dengungan mesin juga dapat menutupi tangisan yang keras.

Kebutuhan untuk menjaga agar batita merasa senang dapat lebih menantang,terutama jika batita ingin berlarian tanpa halangan.

Siapkan kantong pernak-pernik, yang berisi cemilan dan mainan kecil baru untuk mengalihkan perhatiannya dan mencegah si kecil bosan. Isinya dapat berupa boneka tangan, buku-buku dengan aneka bentuk ilustrasi yang dapat disentuh dan dirasakan, atau boneka tokoh kartun . Jika si kecil suka krayon, bawakan krayon dan kertas untuk mencoret-coret. Cemilan yang menarik, dikeluarkan pada selang waktu tertentu, dapat mengalihkan perhatian dan membuatnya sibuk.

Jangan pedulikan komentar pedas dari sesama penumpang. Anda akan lebih sering menerima simpati saat Anda mencoba menenangkan si kecil. Bahkan seringkali ada penumpang baik hati di dekat Anda yang mau membantu menghibur si kecil selama beberapa saat. Kadang-kadang wajah yang berbeda dan tidak mengganggu, dapat mengubah perasaan hati si kecil.

0 komentar:

Posting Komentar