Senin, 07 Maret 2011

Jika Bayi Tak Mau Tidur Siang

Bantu dia tidur siang agar tidur malamnya lebih nyenyak

Setiap anak memiliki pola tidur berbeda-beda. Ada bayi yang membutuhkan tidur lebih banyak di siang hari, ada juga yang tidur lebih banyak di malam hari. Akan tetapi, hampir semua bayi membutuhkan tidur siang. Kebanyakan bayi tidur siang tiga kali setiap hari, meskipun ada juga yang membutuhkan dua kali tidur siang yang panjang. Setelah usia satu tahun, banyak batita hanya tidur siang sekali sehari.

Kiat membantu si kecil agar cukup tidur sepanjang hari
• Coba terapkan rutinitas. Rutinitas membantu si kecil mengetahui apa yang akan terjadi. Rutinitas juga mendorong Anda untuk mengetahui kapan si kecil biasanya merasa lelah, lapar, atau ingin bermain. Anda tidak perlu bersikap kaku dan ketat dengan waktu, tapi melakukan sesuatu pada waktu yang tetap setiap harinya dapat membantu Anda dan si kecil membangun rutinitas.

• Biarkan si kecil tertidur di tempat yang sama. Idealnya, ia tidur siang di tempat tidurnya di malam hari, sehingga si kecil akan menghubungkan kegiatan tidur dengan satu tempat khusus. Tentu saja si kecil boleh tidur di mobil atau kereta dorongnya jika Anda sedang berada di luar rumah, tetapi cobalah berikan kesempatan pada si kecil untuk tidur di tempat yang sama sesering mungkin. Jika si kecil berada di tempat penitipan anak atau dititipkan di tempat lain, biarkan ia tidur pada saat yang sama dengan saat ia di rumah.

• Seperti yang akan Anda lakukan sebelum tidur malam, lakukan kegiatan yang menenangkan bersama si kecil sebelum tidur siang. Tutup tirai jendela, bacakan cerita, atau nyanyikan lagu pengantar tidur sebagai tanda datangnya saat tidur siang.

• Ajak si kecil tidur jika sudah lelah. Kesalahan yang sering dilakukan orang tua adalah menunggu terlalu lama untuk menidurkan si kecil tidur siang. Kesempatan terbaik untuk segera membuat si kecil tertidur lelap adalah saat ia mulai lelah. Jika Anda menunggu terlalu lama, si kecil menjadi terlalu lelah dan lebih sulit tidur. Belajarlah membaca tanda-tanda yang diberikan si kecil. Ada bayi yang menggosok-gosok matanya, ada juga yang mulai rewel atau menatap dengan mata kosong. Saat si kecil memberi tanda bahwa ia mengantuk, ajaklah ia tidur.

•Coba ajari si kecil agar bisa tidur sendiri. Pada usia sekitar 3 bulan, si kecil biasanya sudah belajar menenangkan diri sendiri untuk kemudian tidur, caranya mulai dari mengisap jempol tangan, memegang selimut, atau mainan kesayangannya, hingga langsung tertidur begitu saja. Mulai beri ia kesempatan untuk tertidur sendiri dan jangan selalu menggendong atau menyusuinya untuk menidurkannya. Setelah si kecil belajar tidur sendiri, Anda akan melihat bahwa ia tidur siang lebih lama.

Membantu si kecil membangun kebiasaan tidur yang baik membutuhkan kesabaran. Dengan mengembangkan kebiasaan ini di usia dini, Anda akan membantu ia tidur dalam waktu yang cukup pada bulan dan tahun-tahun selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar