Sabtu, 02 April 2011

Aman Di Pasar Swalayan

Membuat acara belanja sebagai permainan. Kapan pun saat pergi ke toko serba ada, alihkan perhatian anak dengan cara menyuruhnya mencari kata-kata misalnya, coba cari kotak jus yang bertuliskan "100% juice" pada labelnya atau bacakan harga yang tertera pada labelnya. Atau, bermain cari huruf. Cari sesuatu yang diawali dengan huruf A ("asparagus"), kemudian abjad berikutnya, sampai selesai.

Ketepatan waktu sangat penting. Membuat rencana akan sangat membantu. Pastikan anak Anda tidak lelah saat tiba di toko. Pilih waktu yang tepat di siang hari misalnya, satu jam setelah dia bangun dari tidur siang atau di pagi hari. Memberikan camilan sebelum pergi ke toko serba ada bisa mengurangi keinginan anak meminta makanan di toko. Sebaiknya bawa anak Anda ke kamar kecil sebelum berangkat.

Mengajak "teman". "Anda juga bisa membawa temannya misal beruang teddy yang diletakkan di kereta belanja bersamanya. Boneka beruang dianggap sebagai ‘bayi' dan anak Anda harus memberi contoh yang baik dan menjaganya sewaktu kami berbelanja," . "Ini akan membuat anak Anda sibuk."

Berikan tugas kepada anak. "Anak Anda tidak suka menaiki kereta belanja dan dia senang sekali berjalan-jalan di toko. Agar anak Anda tetap terhibur, Anda biarkan ia menaruh setiap barang yang Anda beli ke dalam kereta belanja.  "Kegiatan ini dapat dilakukan untuk semua barang, kecuali telur!"

Hal lainnya adalah membiarkan anak Anda memutuskan barang yang akan dibeli misalnya, memilih sekotak sereal ukuran keluarga, atau buah apa yang akan dibeli untuk sarapan. Membuat keputusan untuk keluarga dapat membangkitkan perasaan dewasa dan bertanggung jawab sekaligus membuat acara belanja menyenangkan. (Meskipun ini berarti bahwa Anda harus menerima apa yang mereka pilih misalnya, nanas untuk sarapan selama lima hari berturut-turut.).

Menetapkan aturan di muka. Bagaimana agar anak tidak merengek ketika melihat 10 pak permen/cokelat yang menggiurkan? Terapkan peraturan.

"Anda tetapkan aturan bahwa masing-masing anak hanya boleh membeli permen sebulan sekali dan pada hari khusus itu, 'permen' akan tercantum pada daftar belanjaan," . "Apabila mereka meminta permen pada hari bebas permen, Anda harus menunjukkan kepada mereka bahwa permen tidak tercantum pada daftar. Anda harus mampu mempertahankan ini.

Memberikan hadiah untuk sikap baik. "Suruhlah anak Anda memeriksa daftar belanjaan, membacakan setiap barang, mencentang daftar dengan spidol," . Buatlah perjanjian "bila bersikap baik selama belanja akan dapat hadiah".Itu akan jadi motivasi untuk mereka. Hilangkan kebiasaan memberi hadiah untuk kegiatan yang dilakukan sedikit demi sedikit agar tidak menjadi kebiasaan.

0 komentar:

Posting Komentar