Sabtu, 02 April 2011

Mengajari Si Kecil Cara Mencuci Tangan

Dalam mengajarkan cara mencuci tangan, kita tidak saja berurusan dengan kuman-kuman yang menyebabkan penyakit. Pernahkah Anda coba perhatikan tangan si kecil saat dia pulang dari pre-school atau playgroup-nya? Tangannya akan penuh dengan coretan spidol, tanah dari lapangan bermain, dan mungkin juga serpihan sisa makan siang, belum lagi benda-benda lain yang disentuhnya sejak Anda meninggalkannya di sekolah pagi itu. Berikut ini beberapa saran dasar untuk mengajarkan cara mencuci tangan kepada anak Anda:
  • Si kecil melihat, Si kecil mengerjakan. Si kecil akan mencuci tangannya jika melihat Anda mencuci tangan. Biarkan dia ikut mengambil sabun dan membuat gelembung-gelembung sabun. Saya selalu mengatakan kepada anak saya kalau belum ada gelembung sabun itu artinya mereka belum mencuci tangannya dengan bersih. Pastikan Anda juga mengajarkan cara mencuci telapak, jari, dan pergelangan tangan dengan benar.
  • Beri waktu. Untuk mencuci tangan dengan bersih, paling tidak diperlukan sekitar 20 detik. Minta anak Anda menyanyikan lagu pendek, "Selamat Ulang Tahun" misalnya, saat mereka mencuci tangan.
  • Bilas. Anak-anak biasanya akan menggunakan sabun terlalu banyak pada tangan mereka. Karena itu, mereka juga harus belajar cara membersihkan sabun dari tangan mereka. Jika tidak dibilas dengan bersih, sabun dapat membuat kulit mereka, terutama di sela-sela jari, menjadi kering.
  • Rutin. Beri tahu anak Anda kapan mereka harus mencuci tangannya. Misalnya setelah mereka... pergi ke kamar kecil, makan, pulang dari sekolah, menyentuh kotoran, bermain dengan hewan peliharaan, menyentuh apa pun yang telah disentuh oleh banyak orang (keranjang belanjaan, tombol pada lift, meja kasir di toko, dsb)
  • Ingatkan. Anak kecil yang baru saja belajar mencuci tangan pasti akan terus mempraktikkannya. Tapi setelah beberapa waktu berlalu, biasanya Anda harus sering mengingatkan lagi kepada mereka. Anda juga harus benar-benar mengawasi mereka karena mereka akan menjadi pandai mengatakan bahwa mereka sudah mencuci tangannya, padahal mereka hanya membasahi jari-jari mereka. (Jika demikian, Anda mungkin perlu mencium tangan mereka.)
Soal sabun apa yang harus digunakan, biasanya ini tidak begitu penting asalkan anak Anda dapat mencuci tangan dengan benar dan menjaga kebersihan tangan mereka. Jangan beli produk yang menggoda dengan kemasan yang lucu untuk menyenangkan anak Anda. Si kecil biasanya akan menghabiskan seluruh isi botol dalam sekejap saja. Cukup gunakan sabun yang Anda punya dan ciptakan keasyikan Anda sendiri.
 
Terakhir, gel dan semprotan antibakteri adalah solusi sementara yang cukup baik jika Anda sedang bepergian dengan anak-anak Anda. Gel dan semprotan seperti ini dapat membunuh kuman, tapi tidak dapat menghilangkan kotoran. Jelas bahwa kedua produk ini bukan merupakan pengganti sabun dan air. Setelah Anda sampai di rumah, minta anak Anda untuk segera mencuci tangan dengan air.

0 komentar:

Posting Komentar