Sabtu, 02 April 2011

Kiat Membangun Ikatan Ayah-Si Kecil

"Saya tidak pernah menyangka bahwa suami saya - pendamping yang hebat di ruang bersalin - ternyata bersikap tak peduli terhadap "hadiah berharga" yang kami bawa pulang. Ia memang mencintai putera kami. Tapi ia berkeras bahwa rasanya tidak sama bagi dia, dibandingkan dengan perasaan saya kepada putera kami. Saya yang menyuapi Kyle, menghabiskan waktu dengannya, membuainya hingga tidur. Sementara suami saya pulang dari kantor dan kelihatannya sangat bingung menghadapi si kecil.

Tapi Tim segera menyadari satu hal yang langsung diketahui para ibu sejak awal, bahwa bayi mempunyai pesona dan ia adalah anugerah yang luar biasa. Saya meminta Tim menjaga Kyle sebentar, dan saat saya kembali saya melihat bahwa mereka berdua saling tersenyum di sofa.

Sekarang, setelah memiliki tiga anak, saya menyadari bahwa suami saya sebetulnya hanya merasa malu. Merawat bayi baru lahir biasanya hanya berupa memberi susu dan membuatnya nyaman, dan beberapa ayah baru tidak yakin apakah mereka memiliki kemampuan untuk melakukan tugas tersebut. Rahasia ikatan pria dan bayi sesungguhnya adalah menyadari bahwa suami sebaiknya tidak mencoba menjadi ibu yang lain. Si kecil sudah memiliki ibu dan apa yang sangat ia butuhkan dari ayahnya adalah menjadi diri sendiri. Masih merasa malu? Coba lakukan kegiatan di bawah untuk mencairkan suasana.

Memberi susu di tengah malam
Setelah saya mulai mengganti ASI dengan susu formula, suami saya menawarkan diri untuk bangun tengah malam untuk memberi susu. Jujur, mungkin pertama-tama memang saya yang memaksanya melakukan itu, tapi tak lama kemudian ia mengatakan pada saya bahwa ia menikmati saat-saat bersama si kecil. Suatu kali, saya mendengar suami saya mengobrol pada pukul 3 dinihari dengan Kyle yang tidur nyenyak. "Kamu tahu, sobat?", katanya. "Kita satu-satunya orang di dunia ini yang tahu bahwa mereka memutar acara TV yang sama empat malam berturut-turut".

Saling menatap
Tantangan itu minat lelaki, bukan? Jika Anda tidak yakin apakah bayi kecil Anda adalah seorang pemberani, lakukan permainan "siapa berkedip lebih dahulu" dengannya. Si kecil mungkin akan membuat Anda terkejut. Bayi senang mengamati wajah dan besar kemungkinan Anda akan berkedip sebelum si kecil merasa bosan menatap Anda, tebak siapa yang mewarisinya lesung pipit itu atau apakah telinganya seperti ibu Anda atau istri Anda.

Bermain kanguru
Anak pertama saya adalah bayi yang mudah kolik, yang merasa tidak bahagia jika tidak digendong. Biasanya, Tim akan menolong saya dengan memakai gendongan bayi dan menjalankan semua pekerjaannya - memangkas daun, menata meja, bermain bola dengan anjing - dengan Kyle bergelung rapat di perutnya.

Membaca halaman olahraga
Dengan suara keras. Terima sajalah, ibu-ibu. Kalimat "Pada jaman dahulu kala" hanya akan bertahan sebentar. Setelah ke-1500 kalinya membaca buku dongeng, suami saya akhirnya menyerah. Saya lewat kamar si kecil pada jam tidur dan mendengar suami saya melagukan dengan manis rincian pertandingan sepak bola untuk Kyle. Si kecil sangat menyukai saat-saat itu...tidak penting apa yang dibaca ayah, yang penting ayah membacakan untuknya. 

Makan berdua
Jika bayi Anda sudah cukup besar untuk makan makanan padat, Ayah dapat menjadi kepala pelayannya! Ini sangat menghibur - melihat makanan masuk, dan melihatnya keluar lagi!

Mengganti popok
"Bicara soal membangun ikatan sejak dini - selama memiliki bayi, ini akan terjadi sepanjang Anda membersihkan kekacauan yang dibuatnya.

Sekali-kali biarkan suami Anda mengganti popok si kecil. Selama mengganti popok, ia tentu akan menyentuh si kecil dan bicara padanya, dan lihat bagaimana ia berinteraksi dengan si kecil, walau dalam situasi yang "kacau" sekalipun."

Berada di sisinya ketika sakit
Tidak seorangpun yang menginginkan bayinya sakit, tapi tidak ada hal lain selain sakit yang membuktikan betapa si kecil sangat membutuhkan Anda. Semalaman membuai anak yang sakit akan membuat Anda menyadari dengan hati tersiksa betapa berharganya menjadi orangtua.

Mengangkat beban
Berita buruknya adalah setelah Anda menjadi orangtua, Anda tidak akan punya banyak waktu untuk pergi ke pusat kebugaran. Berita baiknya sekarang Anda memiliki satu set beban tangan yang istimewa sekitar 3,5 hingga 10 kilogram. Setelah leher si kecil dapat menopang berat kepalanya, Tim akan menyeimbangkan badan si kecil di tangannya dan dengan hati-hati melengkungkannya, menaik turunkannya, apapun yang ingin dilakukannya... dan baik otot bisepnya maupun si kecil menyukainya.


Menjadi papan sentuh
Ini adalah salah satu ciri pria yang membuat mereka merasa hebat (atau jika tidak mereka tak akan mungkin menjadi ayah). Mulai dari jenggot yang kasar, kumis yang selembut sutera hingga potongan rambut pendek, seorang ayah selalu menyenangkan untuk disentuh. Hati-hati. Jari-jari mungil itu bisa menarik bulu dada dengan cara yang sangat menyakitkan.

Memfoto
Tidak ada apapun yang sesempurna anak Anda. Manfaat lainnya? Semua nenek dan kakek dan paman dan sepupu yang menerima cetakan foto si kecil bersama Anda akan melihat betapa Anda sangat menikmati peran sebagai ayah.

Bergulat (sewajarnya)
Studi menunjukkan bahwa ibu dan ayah menggendong bayi dengan cara yang sangat berbeda. Ibu biasanya suka memeluk, ayah cenderung lebih fisik. Anda tidak boleh sekali-kali mengguncang-guncang bayi Anda, tetapi Anda masih bisa merangsang ototnya. Jika si kecil sudah cukup besar untuk dapat duduk tegak, ia mungkin akan menikmati dilempar dengan lembut ke udara atau dipantul-pantulkan di atas lutut, atau dibawa dengan dijepit di bawah lengan seperti membawa bola...hal-hal yang tidak mungkin dilakukan ibu tapi pasti akan menciptakan jerit kegembiraan.

0 komentar:

Posting Komentar